Sertijab Dirpolair, Kombes Pol. Makhurzi Rahman Gantikan Brigjen Pol, Lotharia Latif Pimpin Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri

Sertijab Dirpolair, Kombes Pol. Makhurzi Rahman Gantikan Brigjen Pol, Lotharia Latif Pimpin Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri
101 Kali Dilihat=>>|

YALPK | Jakarta – Jabatan Direktur Kepolisian Perairan Korpolairud Baharkam Polri resmi berganti, berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST / 2852 / X /KEP / 2019 tanggal 21 Oktober 2019 maka Brigjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum selanjutnya ditunjuk menjadi Kepala Korps Polairud. Sebagai penggantinya maka Kapolri menunjuk Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. sebagai pejabat Dirpolair Korpolairud yang baru.

Pelaksanaan upacara serah terima jabatan posisi strategis di jajaran Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri ini, dilaksanakan pada Rabu (30/10/2019) bertempat di Mako Ditpolair Korpolairud Tanjung Priok Jakarta dan berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Sementara itu sebagai rangkaian kegiatan serah terima jabatan, sehari sebelumnya telah dilaksanakan pemaparan dan penyerahan Laporan Satuan (Lapsat) oleh pejabat lama kepada pejabat baru berlangsung di ruang Crisis Center Ditpolair Korpolairud.

Upacara Sertijab diikuti oleh Pejabat Utama dan Personel Ditpolair Korpolairud serta Bhayangkari. Bertindak selaku Inspektur Upacara Kabaharkam Polri Komjen Pol. Drs. Condro Kirono, S.H., M.M. Yang sekaligus memimpin pengambilan sumpah jabatan, serta penandatanganan berita acara serah terima dan pakta integritas.

“Pergantian jabatan itu merupakan sesuatu yang lumrah, dimana penyegaran dan pembinaan dari sebuah organisasi mutlak harus dilakukan, termasuk Ditpolair Korpolairud. Brigjen Latif telah melakukan banyak hal bersama Kombes Makhruzi dalam memimpin Polair ini, sehingga sangat layak jika Kapolri mengangkat Brigjen Latif sebagai pejabat Kakorpolairud dan menunjuk Kombes Makhruzi sebagai penggantinya”, ucap Kabaharkam mengawali sambutannya.

“Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, dimana 2/3 luas wilayahnya adalah lautan atau perairan. Sebagai negara maritim yang letaknya sangat strategis di antara dua benua dan dua samudera sehingga menjadi jalur laut perekonomian dunia, ini tentu berdampak terhadap munculnya berbagai ancaman tindak pidana di perairan. Ditpolair Korpolairud tentu mempunyai kewajiban untuk mewujudkan situasi keamanan dan ketertiban perairan yang kondusif guna menopang perekonomian negara”, lanjutnya.

Lebih lanjut Komjen Condro mengatakan bahwa Polair selama ini telah berhasil mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Kinerjanya cukup efektif, dengan berhasil mengungkap berbagai kasus tindak pidana seperti illegal fishing, illegal minning, kasus narkoba, penyelundupan, illegal logging maupun tindak pidana yang berkaitan dengan KSDA. Tugas – tugas kemanusiaan dalam rangka tanggap darurat bencana maupun tugas Operasi Khusus juga diikuti dan dilaksanakan dengan sangat baik.

Sumber Daya Manusia Polair, baik dari segi kuantitas maupun kualitas juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
“Seiring dengan penambahan dan perkembangan tehnologi dari Alut dan Almatsus yang dimiliki maka peningkatan kemampuan personel atau Sumber Daya Manusia Polair mutlak harus dilakukan. Kapal Patroli Polair dan juga peralatan pendukung lainnya saat ini semakin banyak dan semakin canggih”, lanjutnya.

Kabaharkam meyakini bahwa tantangan tugas Polair yang cukup berat tersebut tentu akan mampu dijawab oleh Dirpolair yang baru.
“Bahwa dengan pengalaman bliau yang pernah menjabat sebagai Dirpolair Polda Sumbar, Polda Sulut, Polda Metro Jaya dan Kasubdit Patroli Perairan Mabes Polri, maka saya yakin Kombes Makhruzi akan mampu melaksanakan tugas dan amanah itu dengan sebaik – baiknya”, jelasnya.

Sementara itu Kombes Makhruzi mengatakan bahwa ia akan bertekad melanjutkan program kerja Dirpolair sebelumnya dan akan membuat kebijakan – kebijakan strategis lain guna peningkatan kinerja Kesatuan.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak, kita harus memiliki keyakinan bahwa kita bisa lebih baik dan maju. Amanah ini tentu akan kami jalankan dengan sebaik – baiknya, mohon doa dan dukungannya. Arnavat Dharpa Mahe”, ucap Dirpolair dengan tegas.

Beberapa Pejabat Utama Ditpolair Korpolairud mengalami pergeseran posisi seiring dengan ditetapkannya Brigjen Latif sebagai Kakorpolairud antara lain Kombes Pol. Makhruzi Rahman, S.IK., M.H. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Patroli Perairan Ditpolair Korpolairud diangkat sebagai Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri, posisinya kemudian digantikan oleh Kombes Pol. Yassin Kosasih, S.IK., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Fasharkan Ditpolair Korpolairud. Jabatan Kasubdit Fasharkan selanjutnya diisi oleh Kombes Pol. Yulius Bambang Karyanto yang sebelumya merupakan Direktur Polairud Polda Papua, sementara Kombes Pol. Ir. Kasmolan yang sebelumnya sebagai Anjak pada Korpolairud menjabat sebagai Direktur Polairud Polda Papua.

Pantauan Humas Ditpolair Mabes, seluruh rangkaian kegiatan dimulai dari Laporan Satuan, Upacara serah terima jabatan berjalan dengan tertib, khidmat dan lancar. ( ir )

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *