Peringati HUT TNI AL Ke-74, Keluarga Besar Lanal Banjarmasin Ziarah Ke Makam Hasan Basri

Peringati HUT TNI AL Ke-74, Keluarga Besar Lanal Banjarmasin Ziarah Ke Makam Hasan Basri
26 Kali Dilihat=>>|

YALPK | Surabaya – Dalam rangka memperingati HUT TNI AL ke-74 keluarga besar Pangkalan TNI AL (Lanal Banjarmasin) jajaran Lantamal XIII Tarakan, Koarmada II melaksanakan ziarah ke makam para pahlawan di Kota Seribu Sungai tersebut, ( 11/9 ).

Adapun makam pahlawan yang di ziarahi yakni Taman Makam Pahlawan (TMP) Bumi Kencana Banjarbaru, dan Makam Pahlawan Nasional Brigjen (Purn) H. Hasan Basri di Liang Anggang Banjarbaru.

Dalam kesempatan tersebut Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Wijayanto,S.E. menjelaskan sekilas tentang Brigjen (Purn) H. Hasan Basri yang namanya diabadikan pada salah satu kapal perang Republik Indonesia di jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II, KRI Hasan Basri-382.

Terkait sosok Brigjen H. Hasan Basri sendiri, adalah salah satu pahlawan nasional yang lahir di Kandangan, Hulu Sungai Selatan pada tanggal 17 Juni 1923. Beliau adalah seorang tokoh militer, yakni sebagai Panglima TNI Angkatan Darat Divisi Lambung Mangkurat yang sebelumnya ALRI Divisi (A).

 

Perjuangan Hasan Basri selalu merepotkan pertahanan Belanda di Kalimantan Selatan, puncaknya beliau berhasil memproklamasikan kedudukan Kalimantan sebagai bagian dari Republik Indonesia yang dikenal dengan Proklamasi 17 Mei 1949 atau yang dikenal Proklamasi Kalimantan. Beliau juga berjasa dalam dunia pendidikan khususnya di Kalimantan Selatan, dimana ia merupakan salah satu tokoh pendiri Universitas Lambung Mangkurat.

Hasan Basri meninggal pada tanggal 15 Juli 1984 dan dimakamkan di Liang Anggang Banjarbaru. Atas jasa-jasanya beliau dianugerahi gelar sebagai Pahlawan Nasional oleh presiden RI pada tanggal 3 November 2001.

Sementara itu saat pelaksanaan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah para Pahlawan yang telah gugur sebagai kusuma bangsa dipimpin oleh Inspektur Upacara (Irup) Kolonel Laut (P) Wijayanto,S.E. Dilanjutkan mengheningkan cipta dan diteruskan dengan peletakan karangan bunga . Kemudian Irup memimpin penghormatan terakhir kepada arwah para Pahlawan, sebelum selesai upacara dilanjutkan dengan tabur bunga yang diawali oleh Irup dan dilanjutkan oleh seluruh peserta ziarah. ( ir )

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *