Komandan Kodikopsla Kodiklatal Buka Tiga Program Pendidikan Perwira

Komandan Kodikopsla Kodiklatal Buka Tiga Program Pendidikan Perwira
52 Kali Dilihat=>>|

Lpk | Surabaya – Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksma TNI Irwan Achmadi, M.Tr, (Han) mewakili Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat secara resmi membuka tiga program Pendidikan Perwira TA 2020 yang dilaksanakan di gedung Betlegeuse Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya, (12/2).

Ketiga Program pendidikan tersebut adalah Pendidikan Lanjutan Perwira (Diklapa) TNI AL Angkatan ke-29 yang diikuti 74 orang perwira, Pendidikan Matra 1 yang diikuti 55 orang perwira dan Pendidikan Aplikasi 1 yang diikuti 5 orang perwira.

 

Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat dalam sambutan tertulis yang dibacakan Komandan Kodikopsla menyampaikan bahwa pendidikan lanjutan perwira (Diklapa) yang akan dilaksanakan selama tujuh bulan tersebut terdiri jurusan Komando Umum (Koum), Bantuan Tempur (Banpur) dan Komando Tempur (Kopur). Secara umum, tujuan Diklapa yaitu mendidik dan membekali perwira TNI/TNI AL menjadi prajurit pejuang sapta marga yang memiliki kesamaptaan jasmani serta profesionalisme matra laut, dengan pengetahuan taktis operasi dan manajerial staf.

Sedangkan Dikmatra-1 yang akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk memberikan pendidikan profesi matra laut bagi perwira yang telah mengikuti dikspespa di luar TNI Angkatan Laut, agar dapat melaksanakan tugas sebagai perwira divisi di KRI, Danki Batalyon, Kaur di Mabesal atau jabatan lain yang setingkat. Demikian pula Dikaplikasi-1 akan dilaksanakan selama dua bulan dengan tujuan untuk mendidik perwira siswa agar memiliki kemampuan administrasi umum, perencanaan umum, perbekalan dan pembinaan personel.

 

Sehubungan dengan hal tersebut, keberhasilan para siswa mencapai tujuan dan sasaran pendidikan, tidak hanya ditentukan oleh kualitas para tenaga Pendidik saja, melainkan peran serta siswa sangat berpengaruh, karena sebaik apa pun sistem pendidikan dirancang, apabila tidak ada kerja sama yang baik antara tenaga pendidik dan peserta didik, maka hasilnya tidak akan sesuai dengan yang kita harapkan bersama.

Untuk mewujudkan keberhasilan pendidikan dalam meningkatkan kualitas perwira TNI /TNI AL yang bermoral, profesional dan berani, para perwira siswa harus dapat mengembangkan kemampuan diri dalam kompetisi yang sehat dan dinamis. Harus berani berubah sepanjang perubahan tersebut untuk kemajuan diri dan organisasi serta selalu berorientasi pada kepentingan bangsa, negara dan tni al, karena hanya para perwira yang memiliki kemauan dan dedikasi tinggi sajalah yang dapat mengembangkan karier di masa mendatang.

Hadir dalam pembukaan tersebut para pejabat Utama Kodiklatal diantaranya para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik, Para Komandan Puslat dan para Komandan Pusdik dijajaran Kodiklatal. (ir)

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *