Kapolresta Kediri Pimpin Apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional,Juga Turun Langsung Ikut Serta Punguti Sampah

Kapolresta Kediri Pimpin Apel Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional,Juga Turun Langsung Ikut Serta Punguti Sampah
115 Kali Dilihat=>>|

YALPK | Kediri – Perduli kebersihan lingkungan,Polresta Kediri melalukan kerja bakti bersama TNI, Pasukan Hijau Pemkot dan masyarakat dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019. Kegiatan dipusatkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Klotok di desa Pojok Mojoroto Kota Kediri pada 21/2.

Sebelumnya terlebih dahulu dilakukan apel yang dipimpin oleh Kapolresta Kediri AKBP Anthon Haryadi, S.IK, M.H. Kegiatan dihadiri Wakapolresta, Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran, anggota TNI , anggota Polresta, ASN, dan pasukan hijau Pemkot Kediri serta masyarakat sekitar.

“Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari sejak tahun 2006, dengan motivasi utama untuk semakin baik dalam pengelolaan sampah, sebagai upaya melindungi segenap bangsa dan tumpah darah indonesia,” kata AKBP Anthon Haryadi,S.IK, M.H, Kapolresta Kediri saat membacakan amanatnya.

Ditambahkan ,pada tahun 2008 telah terbit UU No 18 tahun 2008 tentang Pengeloaan sampah, dan aturan pelaksanaannya terangkum dalam PP No 81 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga.

“Namun kenyataannya hingga saat ini pengelolaan sampah masih dirasakan bermasalah dan belum optimal. Pengelolaan sampah perlu dilakukan secara komperensif dan terpadu, dari hulu hingga ke hilir agar benar-benar memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan,” ujarnya.

Masih menurut Kapolresta Kediri,”sebagai pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu hingga ke hilir, telah dikeluarkan Peraturan Presiden No 97 tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga, dan telah mencanangkan target pengurangan sampah 30 % dan penanganan sebesar 70 % di tahun 2025 mendatang”.

Sepanjang tahun 2018, inisiatif dan langkah-langkah inovatif berkembang sangat pesat, baik dari pemerintah daerah maupun dari masyarakat pada tingkat komunitas.Hal ini cukup membanggakan  Upaya menuju Indonesia bersih, sehat, dan semakin berkualitas. Sehingga pengelolaan sampah dapat dilakukan secara lebih optimal.

“Dan pada Peringatan hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 ini mengambil tema, “Kelola Sampah Untuk Hidup Bersih, Sehat Dan Bernilai,” jelasnya.

Membangun kesadaran bersama untuk kelangsungan hidup bersih dan sehat melalui pengelolaan sampah.Mendorong budaya bersih dan produktif di tengah masyarakat dengan semangat kebersamaan,dan partisipasi masyarakat sebagai modal sosial.Meningkatkan peran aktif dan langakah- langkah pemerintah Daerah, serta masyarakat luas dalam pengelolaan sampah.Sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat luas, tentang permasalahan dan solusi untuk mengatasi mulai dari sumbernya.Membangun sinergi upaya pemerintah Daerah, masyarakat dan dunia usaha dalam pengelolaan sampah.

“Mari kita mulai aksi kecil yang bisa kita lakukan mulai dari diri sendiri untuk bumi yang bersih.Jangan menggantungkan hanya kepada petugas kebersihan,mari bersama kita ikut bertanggung jawab dengan sepenuh hati,untuk menjaga kebersihan lingkungan kita.

Ciptakan hidup bersih dan sehat, untuk kelangsungan alam dan kehidupan yang lebih bermanfaat.Yalpk dan Tabloid Lpk Nusantara Merdeka mengajak serta mendukung “Untuk Hidup Sehat Bermanfaat Dan Bermartabat”.(ar)

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *