60 Siswa Suspaidikla Diambil Sumpahnya Oleh Dankolat Koarmada II

60 Siswa Suspaidikla Diambil Sumpahnya Oleh Dankolat Koarmada II
143 Kali Dilihat=>>|

YALPK | Surabaya – Sebanyak 60 siswa Kursus Perwira Penyidik Tindak Pidana Tertentu di Laut ( Suspaidikla) diambil sumpah atau janjinya sebagai penyidik untuk menangani tindak pidana tertentu di laut. Pengambilan sumpah tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Latihan Koarmada II Kolonel Laut (P) Arif Badrudin, M.Mgt.,STUD di Gedung Mandalika Kolat Koarmada II, Selasa (9/7/19). Upacara pengambilan sumpah ini juga sekaligus sebagai upacara penutupan Suspaidikla TA. 2019.

Kepada para pasis Suspaidikla TA 2019, Dankolat Koarmada II menyampaikan harapan agar mereka bisa mengaplikasikan semua ilmu yang telah diterima selama mengikuti kursus.

 

“ Dengan selesainya Suspaidikla 2019 ini saya harap kalian mampu mengaplikasikan semua ilmu yang diterima sehingga bisa menjadi penyidik yang profesional, mampu memahami organisasi dan proses penyelenggaraan opskamla, mampu memahami tata laut menurut hukum nasional dan internasional “, jelas Arif, sapaan karib Dankolat Koarmada II ini.

Arif pun menambahkan agar mereka juga mampu melaksanakan pengejaran, penangkapan, penyelidikan, penyidikan, dan pemberkasan dengan baik.

 

“ Begitu pula dengan sumpah sebagai penyidik yang telah kalian ucapkan tadi yang merupakan ikrar suci kepada Tuhan YME. Oleh karenanya jika suatu saat nanti kalian mendapatkan perintah sebagai penyidik untuk menangani tindak pidana tertentu di laut, maka kalian harus senantiasa menjunjung tinggi sumpah /janji dengan cara melaksanakan penyelidikan dan penyidikan , serta membuat berita acara sesuai aturan hukum yang berlaku tanpa pamrih “, tegas Arif kepada mantan pasis Suspaidikla 2019.

Suspaidikla TA 2019 ini diikuti oleh 60 perwira semua korps dari berbagai satuan jajaran Koarmada II. Selama 294 jam pelajaran harus mereka ikuti, yang meliputi materi pelajaran tentang Kamla, Hukum Laut Internasional, Hukum Acara Pidana, Macam-macam Tindak Pidana Tertentu di Laut serta aturan hukumnya. Kemudian Ceramah Perikanan, Keimigrasian, Bea Cukai, Kehutanan, Pelayaran Niaga, Lingkungan Hidup, Narkoba, Permasalahan Perbatasan, Karantina /Sanitasi, Lattek Admin Game pemberkasan sampai P-21. ( ir )

Bagikan Berita :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *